Sejarah klub sepak bola part1

Selasa, 19 Maret 2013

Berikut ini beberapa club sepak bola Eropa dengan sekelumit kisah perjalannan sejarahnya yang penuh dengan prestasi fenomenal, antara lain :


1. Liverpool (Liga Inggris)
Liverpool FC adalah sebuah klub sepak bola di Inggris yang telah 5 kali menjuarai gelar Liga Champions (dulu Piala Champions) dan 18 kali menjuarai Liga Inggris (hingga awal Mei 2005) dan memiliki stadion yang bernama Anfield. Liverpool terkenal dengan suporternya yang fanatik. Dengan lagunya yang terkenal Youll Never Walk Alone , stadion Anfield selalu bergemuruh dengan suporternya dan lagu YNWA juga selalu dinyanyikan para suporter fanatiknya dimanamun mereka bertanding. History klub yang dimiliki pun juga tak kalah glamour dengan sejarah Real Madrid dan sejarah Manchester United . Klub ini berdiri pada 15 Maret 1892 oleh John Houlding, pemilik Anfield. Houlding kemudian memutuskan untuk membentuk tim sendiri setelah Everton FC dikeluarkan dari Anfield karena perselisihan mengenai biaya sewa. Awalnya klub baru itu bernama Everton FC namun diganti ke Liverpool FC setelah Asosiasi Sepak Bola Inggris menolak penggunaan nama tersebut.
Lambang Liver Bird pertama kali muncul di seragam Liverpool FC pada partai final Piala FA tahun 1950. Lambang yang secara signifikan telah menjadi bagian dari perjalanan panjang Liverpool FC. Lambang Liverpool ini mengalami perubahan pertama pada musim kompetisi 1955/56 dimana gambar Liver Bird berada di dalam lingkaran ouval dan tulisan L.F.C berada di bawah Liver Bird. Lambang versi ini bertahan sampai tahun 1968. Pada tahun 1968 diambil keputusan untuk memperkenalkan lambang klub yang lebih modern. Lambang Liver Bird langsung disulam ke seragam pemain dengan menyingkirkan garis pijakan pada kaki Liver Bird dan menghilangkan lingkaran ouval. Lambang ini bertahan sampai tahun 1987, dimana pada tahun 1985 sponsor seragam berubah dari UMBRO kepada ADIDAS. Seiring dengan perubahan sponsor seragam, maka lambang Liverpool pada tahun 1987 mengalami perubahan yang ke 3. Lambang Liver Bird kembali berada di dalam tameng seperti lambang Liverpool FC yang pertama, tetapi kali ini penulisan Liverpool Football Club di bawah Liver Bird tidak di singkat. Lambang ini bertahan sampai tahun 1992, dimana Liverpool FC akan mengadakan perayaan hari jadi yang ke 100 tahun. Untuk merayakan 100 tahun Liverpool FC, lambang klub mengalami perubahan yang cukup signifikan. Penambahan ornamen Shankly Gates dengan tulisan Youll Never Walk Alone di atas tameng Liver Bird dimaksudkan untuk mengingatkan jasa manajer Bill Shankly yang telah menjadi pondasi kokoh bagi Liverpool FC. Di dalam tameng terdapat tulisan Liverpool Football Club 100 tahun dan lambang Liver Bird. Kemudian di bawah tameng ada tulisan angka 1892-1992. Tahun 1993 lambang klub kembali berubah dengan penambahan kobaran api kembar di kedua sisi tameng Liver Bird. Kobaran api kembar ini untuk mengenang para Liverpudlian yang menjadi korban pada tragedi Hillsborough. Lambang Liverpool terakhir ini tidak banyak mengalami perubahan sampai dengan tahun 1999. Lambang Liverpool FC yang sekarang ini dibuat pada tahun 1999 hanya dengan komposisi 2 warna. Tetapi sejak tahun 2002, lambang Liverpool FC dibuat dengan full colour seperti sekarang ini.Liverpool sangat dominan pada tahun 1970-an dan 1980-an. Pemain-pemain yang terkenal pada masa ini termasuk Ray Clemence, Mark Lawrenson, Graeme Souness, Ian Callaghan, Phil Neal, Kevin Keegan, Alan Hansen, Kenny Dalglish, dan Ian Rush (346 gol). Klub ini juga memiliki dua tragedi besar dalam sepak bola Eropa dalam tragedi Heysel pada 1985 dan musibah Hillsborough pada 1989. Liverpool berhasil mendapatkan treble (perolehan tiga gelar) dua gelar domestik (Piala Liga dan Piala FA) dan Piala UEFA pada musim 2000/01. Meskipun begitu, memenangi treble bukanlah hal yang baru bagi mereka. Pada 1984 mereka menjadi juara Piala Champions, Piala Liga dan Liga Inggris. Ini adalah treble dengan gelar besar yang pertama untuk sebuah klub Inggris.
2. AC Milan (Liga Italia)
Associazione Calcio Milan Italia(dipanggilA.C. MilanatauMilansaja) adalah sebuah klubsepak bola Italia yang berbasis diMilan. Mereka bermain dengan seragam bergaris merah-hitam dan celana putih (kadang-kadang hitam), sehingga dijulukirossoneri (merah-hitam). Milan adalah tim tersukses ketiga dalam sejarah persepak bolaan Italia, menjuaraiSeri A18 kali danPiala Italia 5 kali.
Klub ini didirikan pada tahun1899 dengan namaKlub Kriket dan Sepak bola Milan (Milan Cricket and Football Club) oleh Alfred Edwards, seorang ekspatriatInggris.Sebagai penghormatan terhadap asal-usulnya, Milan tetap menggunakan ejaanbahasa Inggris nama kotanya (Milan) daripada menggunakan ejaanbahasa Italia Milano.
Klub ini didirikan oleh dua orang ekspatriat Inggris , yaitu Herbert Kilpin dan Alfred Edwards dengan nama Klub Kriket dan Sepakbola Milan pada tahun 16 Desember 1899. Pada saat itu, Edwards menjadi Presiden klub pertama Milan dan Kilpin menjadi kapten tim pertama Milan. Musim 1901, Milan memenangkan gelar pertamanya sebagai jawara sepak bola Italia, setelah mengalahkan Genoa C.F.C. 3-0 di final Kejuaraan Sepakbola Italia. Pada 1908, sebagian pemain dari Italia dan para pemain dari Swiss yang tidak menyukai dominasi orang Italia dan Inggris dalam skuat inti Milan saat itu, memisahkan diri dari Milan dan membentuk Internazionale.
3. Bayern Muenchen(Liga Jerman)
FC Bayern Mnchen atau Bayern Mnchen adalah klub olahraga terbesar kedua di dunia setelah FC Barcelona dengan 125.115 anggota, mengungguli Real Madrid, Manchester United, AC Milan dan Inter Milan. Klub sepak bolanya telah menjuarai juara Jerman pada tahun 1932 dan liga sepak bola Jerman Bundesliga 21 kali, pada tahun 1969, 1972, 1973, 1974,1980, 1981, 1985, 1986, 1987, 1989, 1990, 1994, 1997, 1999, 2000, 2001, 2003, 2005, 2006, 2008, dan 2010. Telah menjuarai Liga Champions sebanyak 4 kali. Pada 22 Mei 2010 di final Liga Champions, FC Bayern Mnchen ditaklukkan oleh klub raksasa Italia, Inter Milan, yang membuat Bayern keluar sebagai runner-up.
Setelah pertikaian antara manajemen klub dan pemain dari MTV 1879 Mnchen di bar Gisela di Schwabing, 11 pemain memutuskan untuk memisahkan diri dan membentuk klub sendiri dibawah manajemen Franz John pada 27 Februari 1900. Nama yang dipilih untuk klub yang baru adalah FC Bayern Mnchen. Ini adalah awal dari cerita sukses yang unik Kemenangan ditahun 1932 di Nuernberg pada final melawan Eintracht Frankfurt adalah kemenangan pertama dari total 20 gelar kemenangan. FC Bayern Mnchen tidak ikut saat Bundesliga dibentuk. Namun ditahun 1965, klub ini dipromosikan dan menjadi nomor tiga pada musim berikutnya dan sejak saat itu menjadi anggota tetap di Bundesliga, memenangkan 21 gelar kemenangan Bundesliga dan menempatkan klub ini diurutan utama dari Bundesliga. Sejauh ini, FC Bayern Mnchen adalah klub tersukses.
Seratus tahun pertama Bayern MnchenSejarah dan kisah suksesnya dimulai dan diakhiri dengan nama Franz. Apakah ini suatu kebetulan bahwa Franz John yang mendirikan FC Bayern dan seabad kemudian dengan Franz yang berbeda, kali ini Beckenbauer yang memimpin Bayern Mnchen menjadi klub yang disegani dan ideal dengan setumpuk gelar dibelakangnya di abad yang baru sebagai presidennya. Banyak hal yang membedakan masa dulu dan sekarang. Franz John mendirikan dan membangun Bayern dari nol dan relative senang dengan hasil kemenangan 7-1 Bayern dalam pertandingan pertamanya melawan tim sebelumnya, MTV 1879. Tapi John juga memberikan klub yang karismatik ini dengan keunikan pertamanya. Pada awal mulanya, orang mengenal sebagai Bayern, kemudian sebagai Schwabinger Bayern, dari topi unik para pemainnya. Pada masanya, Franz Beckenbauer telah membantu Bayern Mnchen menjadi seperti dirinya saat ini: klub internasional dengan jutaan penggemar, sebuah institusi yang menjangkau sampai jauh diluar persepakbolaan Jerman Tidak pernah dalam impiannya yang tergila sekalipun Franz John membayangkan bahwa timnya akan menjadi juara Jerman, juara Piala Eropa dan bahkan pemenang kejuaaraan antar klub internasional.
4. Lyon Fc (Liga Perancis)
Olympique Lyonnais adalah sebuah klub sepak bola Perancis yang bermarkas di Lyon, Perancis. Klub ini bermain di Ligue 1. Didirikan pada tahun 1899. Olympique Lyonnais merupakan salah satu klub tertua dan tersukses di Perancis.
5. Fc. Barcelona (Liga Spanyol)
FC Barcelona- juga dikenal sebagaiBara, adalah sebuah klub olahraga diBarcelona,Katalonia,Spanyol yang mempunyai klub-klub dalam beberapa cabang olahraga, namun yang paling terkenal adalahsepak bola.
Didirikan pada1899 oleh 12 pemain sepak bola berasal dari Swiss, Inggris, dan Spanyol dibawah pimpinanJoan Gamper. FC Barcelona memiliki motto Barca bukan hanya sekedar klub (El Bara, s ms que un club) serta memiliki himne yang berjudul El Cant del Barca yang diciptakan oleh Jaume Picas and Josep Maria Espins. Tidak seperti klub sepak bola pada umumnya, FC Barcelona benar-benar milik dan dioperasikan oleh para suporternya. Stadion utamanya berada diCamp Nou,Barcelona.
Klub ini masuk menjadi peserta Primera Divisin (Divisi Utama) sejak tahun 1928, dan bersama-samaReal Madrid danAthletic Bilbao menjadi tim yang tak pernah terdegradasi ke Segunda Divisin (Divisi Dua). Klub ini juga menjadi klub yang menjuarai liga Spanyol pertama kali. Dengan persembahan21 gelarLiga Spanyol, 25 gelarCopa del Rey, 10 gelarPiala Super Spanyol, 4 gelarLiga Champions Eropa, 4 gelarPiala UEFA, 4 gelarPiala Super Eropa, FC Barcelona menjadi salah satu tim tersukses diSpanyol,Eropa, dan dunia. Bukti paling nyata ketika pada tahun 2009 FC Barcelona berhasil menjadi klub Spanyol pertama yang berhasil meraih gelar Treble (juara La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions). Dilanjutkan dengan raihan gelar Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa dan FIFA Club World Cup untuk melengkapi raihan gelarnya menjadi Sextuples. Barcelona merupakan klub sepak bola pertama di dunia yang melakukan raihan ini. Fans Barca juga sering dipanggilCuls.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.